Powered by Blogger.

TULISAN TERPOPULER

Empat Cara Menuju Tuhan Menurut Veda

Hai guys, udah tau belum kalau dalam agama Hindu ada 4 cara untuk menuju Tuhan (MOKSA) yang tidak ada di agama lain. Agama Hindu percaya akan adanya Moksa. Dengan Moksa, seseorang akan bersatu di Alam Tuhan dan tidak akan kembali ke alam material ini lagi.

Ketahuilah kawan - kawan se Dharma, bahwa tujuan akhir seorang pemeluk Hindu adalah Moksa, bukan surga maupun neraka. Surga dan Neraka itu masih berada di dunia material bersama dengan bumi ini (bhur loka, bhuah loka, svah loka). Apabila seseorang masih berada di bumi, neraka maupun surga, Atma (jiwa) orang tersebut masih akan mengalami proses reinkarnasi.
Dengan masihnya sang Atma mengalami proses reinkarnasi, maka Atma tersebut masih merasakan penderitaan dan kesenangan sesaat.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana kita bisa lepas dari rantai kelahiran dan kematian (reinkarnasi) ? Jawabanya adalah dengan Moksa !

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita bisa Moksa? Jawabanya akan kita bahas sebagai berikut:

Empat Cara Menuju Tuhan / MOKSA di Bali biasa disebut dengan "Catur Marga" :

1. Bhakti Marga
Bhakti Marga adalah jalan menuju Tuhan dengan cara menunjukan Bhakti kita (berbakti, cinta pada Tuhan dan sesama). Kata Kunci dari Bhakti Marga adalah "Love All". Sayangi Tuhanmu, sayangi keluargamu, sayangi teman teman mu, bahkan kau harus menyayangi musuhmu, SAYANGI SEMUA.
Contoh Pelaksanaan Bhakti Marga: Melaksanakan Sembahyang pada Tuhan , menyanyikan nama nama Ketuhanan, melaksanakan Japa, menyayangi SEMUA MAHLUK termasuk musuhmu sendiri. Lakukan semua itu dengan dilandasi penuh rasa Bhakti kepada Tuhan, maka anda telah berhasil melaksanakan Bhakti Marga.

2. Karma Marga
Kata Kunci dari Karma Marga adalah "Serve All". Karma Marga adalah jalan meuju Tuhan dengan cara bekerja / melakukan pelayanan TANPA PAMRIH. Lakukanlah semua pekerjaan / pelayanan itu sebagai persembahan kepada Tuhan dan JANGAN PERNAH MENGHARAPKAN PAMRIH / HASILNYA.
Contoh Pelaksanaan Karma Marga: Bila anda memberi bantuan kepada pengemis, jangan sekali sekali anda mengharapkan suatu saat anda akan di bantu oleh orang lain ataupun jangan pula anda mengharapkan sesuatu pada pengemis itu, bahkan jangan sekali kali anda mengharapkan suatu saat anda akan mendapat rezeki karena anda telah menolong pengemis tersebut. Yang anda harus lakukan adalah: beri bantuan pada pengemis itu dengan tulus ikhlas hanya ingin membantu pengmis itu. Yakinlah, dengan cara itu Tuhan akan memberikan sesuatu yang lebih (pencerahan / kemajuan spiritual) kepada anda.

Di jaman Kali Yuga ini, saya sangat merekomendasikan Bhakti Marga dan Karma Marga untuk mencapai Tuhan, karena cara tersebut jauh lebih mudah untuk Mencapai Tuhan dari pada 2 cara berikut:

3. Jnana Marga
Jnana Marga adalah cara mencapai Tuhan dengan cara mempelajari kitab Suci Veda.
Jalan ini cukup sulit untuk dilakukan oleh orang biasa, karena tidak semua orang mampu untuk memahami secara benar maksud yang terkandung dalam Veda.
Bila anda ingin mempelajari Kitab Suci Veda, saya sangat menyarankan anda untuk membaca Bhagawad Gita, karena Bhagawad Gita merupakan ajaran Veda yang sudah disederhanakan, sehingga orang biasa pun bisa memahami maksud yang terkandung dalam Bhagawad Gita.
Selain Bhagawad Gita, anda juga bisa mempelajari Itihasa (Mahabarata & Ramayana) dan Purana.

4. Raja Yoga
Raja Yoga adalah cara mencapai Tuhan denga cara Meditasi, Perenungan Tuhan, Pengendalian (Tapa). Cara ini sulit dilakukan oleh orang yang tidak terlatih. Bila anda ingin melakukan Raja Yoga saya sarankan carilah guru spiritual yang bisa membimbing meditasi anda, sehingga meditasi anda akan berhasil dan anda bisa mencapai Tuhan denga cara ini


Composed by: Galih_TheHacker
Please give your Critic and Suggestion to: galih_thehacker@yahoo.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CHAT WITH US HERE !

Ada pertanyaan atau ingin posting artikel di blog ini ?hubungi kami disini dengan

Bayu Wardana



Arya Wibawa

About Me

My Photo
Peradah Indonesia Kota Semarang
Om swastiastu, Kami Perhimpunan Pemuda HIndu Indonesia(DPK Semarang) sekretariat : Pura Agung Giri Natha, Jl. Sumbing no.12 Semarang
View my complete profile

wibiya widget