Powered by Blogger.

TULISAN TERPOPULER

Meditasi Mantra / Japa Mantra (Om Nama Siwaya)


 (Om Nama Shivaya / Om Nama Sivaya / Om Nama Siwaya) merupakan mantra panca aksara yang secara khusus ditunjukan kepada Shiva / Siva / Siwa salah satu deity dalam mitology Hindu. Secara harfiah arti dari mantra ini adalah : i bow to Shiva. Shiva sendiri memiliki 1008 nama (Sahasranama Shiva) dengan berbagai macam arti.

Menurut buku "The Ancient Power of Sanskrit Mantra and Ceremony Vol 1" karya Thomas Ashley-Farrand mendeskripsikan "Om Namah Shivaya" sebagai mantra yang tidak memiliki arti secara langsung. akan tetapi vibrasi suara yang dihasilkan terkait langsung dengan lima elemen chakra pertama, Bumi, Air, Api, Udara, dan Ether.
Panca aksara :
"Na" : Gross Body ( Annamayakosa )
"Ma" : Pranic Body ( Pranamayakosa )
"Shi / Chi" : Mental Body ( Manomayakosa )
"Va" : Intellectual Body ( Vignanamayakosa )
"Ya" : Blissful Body ( Anandamayakosa )
dan "Om / Aum" di depan merujuk kepada "the Soul or Life within" ( Sumber Kehidupan )

Meditasi mantra / Japa yoga dengan mantra ini dapat dilakukan siapa saja. Biasanya dilakukan sebanyak 108x atau 1 putaran rudraksha. Pengulangan mantra dilakukan dengan penuh keyakinan dan kebijaksanaan, bisa juga dengan membayangkan / memvisualisasikan image Shiva dalam pikiran sembari terus mengulang menyanyikan mantra ini dalam hati.

Semoga dengan mengikatkan pikiran kita pada mantra ini kita mendapat vibrasi spiritual setelah melakukan japa dengan mantra ini.

Om Shanti-Shanti-Shanti Om.
Aum Nama Sivaya

Sumber : Meditation is easy, Wikipedia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CHAT WITH US HERE !

Ada pertanyaan atau ingin posting artikel di blog ini ?hubungi kami disini dengan

Bayu Wardana



Arya Wibawa

About Me

My Photo
Peradah Indonesia Kota Semarang
Om swastiastu, Kami Perhimpunan Pemuda HIndu Indonesia(DPK Semarang) sekretariat : Pura Agung Giri Natha, Jl. Sumbing no.12 Semarang
View my complete profile

wibiya widget