Powered by Blogger.

TULISAN TERPOPULER

PENYATUAN PERADAH dan KMHS

RENCANA PENYATUAN

PERADAH KOTA SEMARANG DAN KMHS

Om Swastiastu
A. Dasar Pemikiran
Dinamika organisasi yang tumbuh ditengah - tengah pemuda hindu, khususnya di kota semarang menimbulkan beberapa perubahan dalam setiap aktifitas kegiatan. Berdasarkan sejarah yang ada bahwa Keluarga Mahasiswa Hindu Semarang (KMHS) dibentuk untuk mewadahi aktifitas mahasiswa hindu dan pemuda hindu semarang, dimana hanya ada satu organisasi saja waktu itu. dalam perjalanannya tahun 2005 lahirlah organisasi yang mewadahi pemuda - pemuda hindu semarang yaitu Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia atau biasa disingkat PERADAH. Kehadiran organisasi ini cukup menerima respon positif. Tetapi dalam proses dinamika yang terjadi, adalah terjadinya kevakuman salah satu organisasi, karena sistem kaderisasi dan keanggotaan yang tidak jelas dari PERADAH itu sendiri. KMHS terus bergerak menunjukan eksistensinya, hal ini berlawanan dengan PERADAH. Loyalitas mahasiswa terhadap KMHS cukup besar, karena merupakan organisasi kultural dan cukup lama di semarang.

Keanggotaan PERADAH yang tidak jelas menyebabkan kebingungan dan kesimpangsiuran diantara mahasiswa dan pemuda hindu semarang. Mahasiswa hindu sebenarnya secara otomatis masuk ke dalam PERADAH, tetapi apa yang terjadi ? Mahasiswa hindu hanya aktif pada satu organisasi saja yaitu KMHS, terkadang timbul " keegoan yang KMHS ya KMHS yang PERADAH ya PERADAH" Hal seperti ini yang harus dihindari karena menimbulkan sebuah dikotomi antara pemuda ( yang sudah lulus kuliah ) dengan mahasiswa. Bila hal ini terus didiamkan tanpa dicarikan sebuah solusi maka yang terjadi adalah kekerdilan organisasi pemuda hindu semarang. Mari kita berbenah dari sekarang, pemuda termasuk mahasiswa didalamnya adalah ujung tombak kemajuan Bangsa dan Agama. Mari bersatu untuk mengejar ketinggalan dan terus berkary untuk nusa dan bangsa.

B. Analisa
Pemuda Hindu merupakan ujung tombak terhadap kemajuan. Pemuda hindu adalah generasi yang akan melanjutkan generasi yang sebelumnya yang mempunyai peranan penting dalam setiap lini kehidupan. Tantangan kedepan Bangsa Indonesia cukup berat sehingga dibutuhkan persatuan Pemuda Hindu yang kuat dan solid. Tunjukan taringmu untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia ( PERADAH ) akan mewadahi segenap lapisan Pemuda Hindu khususnya kota semarang untuk mengembangkan "Dharma Agama dan Dharma Bangsa". PERADAH mempunyai struktur organisasi yang jelas dari kota, propinsi, sampai nasional. Yang dipayungi oleh Hukum yang berlaku di Indonesia dan terdaftar di badan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat ( Kesbanglinmas ). Sudah sepantasnyalah kita sebagai Pemuda Hindu untuk berkiprah dan mengembangkan organisasi ini sebagai bentuk penunjukan eksistensi pemuda hindu dan pengabdian pada Negara Indonesia tercinta.
Idealnya memang organisasi pemuda hindu di semarang lebih dari satu organisasi karena hal ini dapat saling memotivasi satu sama lain untuk bersaing mencapai kemajuan. Akan tetapi apa yang terjadi dilapangan ??? satu organisasi besar dan maju, disisi lain organisasi ada yang vakum dan mempunyai keanggotaan yang tidak jelas.

Apabila kedua organisasi pemuda dan mahasiswa ini digabung akan menumbuhkan dinamika baru sekaligus peluang menuju kejayaan pemuda hindu semarang. Banyak peluang ketika PERADAH dan KMHS melebur menjadi satu antara lain keanggotaan yang jelas, sumber dana yang pasti, kegiatan yang solid dan berkualitas serta mempunyai bargaining dengan organisasi luar hindu. Sekup / Jangkauan kegiatan tidak hanya internal di pura tapi juga eksternal pura.

Tantangan bagi pemuda hindu semarang pada khususnya adalah memajukan hindu dan memberi kontribusi yang berarti bagi ibu pertiwi sebagai entitas atau bagian dari Bangsa Indonesia pada umumnya. Dan penunjukan eksistensi pemuda hindu dalam ranah organisasi di semarang.

C. Konsep
Keluarga Mahasiswa Hindu Semarang tetap ada, dan masuk dalam struktur organisasi ( organisasi sayap ) PERADAH kota semarang sebagai wadah bagi mahasiswa agar aktif dalam organisasi PERADAH. Keluarga Mahasiswa Hindu akan dikoordinatori oleh salah satu orang mahasiswa. Begitu juga dengan ORSAP pelajar dan pemuda.
Semoga dapat memberikan inspirasi bagi pemuda hindu semarang demi kemajuan kita bersama. Salam Kompak !!!
OM SHANTI SHANTI SHANTI OM
Badan Persiapan Persatuan Pemuda Hindu Semarang
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CHAT WITH US HERE !

Ada pertanyaan atau ingin posting artikel di blog ini ?hubungi kami disini dengan

Bayu Wardana



Arya Wibawa

About Me

My Photo
Peradah Indonesia Kota Semarang
Om swastiastu, Kami Perhimpunan Pemuda HIndu Indonesia(DPK Semarang) sekretariat : Pura Agung Giri Natha, Jl. Sumbing no.12 Semarang
View my complete profile

wibiya widget