Powered by Blogger.

TULISAN TERPOPULER

Karma sebagai Penyebab Utama Penyakit

Kemajuan ilmu kedokteran demikian pesatnya, penyakit yang dahulu tidak diketahui penyebabnya, kini telah ditemukan bahkan sampai pada tingkat molekuler atau tingkat DNA. Setiap kelaianan pada bagian tertentu dari untaian DNA dapat mengakibatkan gangguan terbentuknya protein seperti enzim, antibodi, hormon dan mediator lainnya, yang akhirnya dapat menimbulkan penyakit-penyakit tertentu seperti kerentanan terhadap infeksi, kelainan bawaan, penyakit gangguan mental, penyakit degeneratif, gangguan imunologis dan sebagainya. Mutasi gen, itulah jawabah yang samapi saat ini sering diungkapkan. Memang sudah dilakukan suatu proyek besar tentang pemetaan gen dari masing masing penyakit. Kembali muncul pertanyaan yang paling mendasar; "Kenapa pada seseorang terjadi gangguan untaian DNA atau mutasi, kenapa pada orang yang lain tidak. ?" Jawaban sementara karena faktor genetik dan pengaruh lingkungan seperti radiasi, nutrisi, polutant, bahan kimiawi dan sebagainya. Pengetahuan modern tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut secara tuntas, kekuatan dari siapakah yang melakukan mutasi pada DNA tersebut ?." Susunan tubuh manusia begitu rumit, jaringan fungsional tubuh manusia terdiri dari sel-sel, dalam setiap sel terdapat inti, dalam inti terdapat suatu pabrik yang amat rumit, seperti juga susunan alam semesta. Pabrik-pabrik dalam inti sel tersebut bekerja dengan teratur sekali sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh. Karena demikian rumitnya, sangat tidak masuk akal kalau hal tersebut terjadi akibat evolusi, apalagi dikatakan terjadi kebetulan. Ada suatu rencana yang agung oleh pencipta yang Maha Mengetahui terhadap hasil ciptaanNya.
Hanya Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Adil yang tahu persis, kenapa untaian gen pada seseorang dilakukan manipulasi olehNYA, sehingga mendapatkan penyakit tertentu. Dalam Bhagavadgita Sri Krishna menyatakan "Akulah yang mengendalikan dunia rohani dan dunia material, segala sesuatu bergerak atas perintahKu. Itulah karma seseorang. Berdasarkan Bhagavata purana ada tiga penyebab utama penderitaan : adhidaivika-klesa ; penderitaan yang disebabkan para penguasa dunia(Dewa) seperti gempa bumi, kemarau, kekeringan, bencana alam lainnya, adhibhautika-klesa ; penderitaan yang disebabkan oleh mahluk yang lain seperti virus, parasit, kuman, serangga, musuh dan lainnya serta adhyatmika-klesa ; penderitaan oleh badan dan pkiran sendiri seperti sakit mental dan fisik, semuanya itu bersumber dari energi transedental (Bhagavatam 5.14.25). Sepereti telah dijelaskan diatas bahwa badan material merupakan simbol penderitaan, spesies manusia ada 400 000 jenis berdasarkan kesadarannya yang bermanifestasi pada badan jasmani dengan berbagai jenis penyakit. Segala yang ada di planet material dipengaruhi oleh hukum alam (cosmic justice) yaitu "Dharma – Karma – Samsara" : pelanggaran dan tindakan kita (karma) terhadap ajaran yang telah ditetapkan (dharma), pada saatnya kelahiran berikutnya akan mendapatkan hukuman (samsara) dengan memperoleh badan-badan yang sesuai. Seperti itulah rangcangan Personalitas Tuhan dalam menciptakan alam semesta dan semesta dalam tubuh manusia yang demikian rumit, hanya dengan sedikit menggeser komponen dalam gen(kromosom) akan menyebabkan gangguan pada badan dengan segala manifestasi penyakit. Karma kita pada kehidupan masa lampau dengan penyakit yang diderita saat ini sudah merupakan kesesuaian yang mutlak oleh seorang hakim yang Maha agung dan Maha adil. Hubungan karma masa lalu dengan penyakit yang akan diderita telah banyak disebutkan dalam beberapa purana. Sebagai salah satu contoh, Garuda Purana 5.3 "brahmaha ksayarogi syad go-ghnah syat-kubjako jadah kanya-ghati bhavet kustho trayas candala yonisu ", - "Pembunuh brahmana akan menderita sakit paru-paru, mereka yang membunuh sapi menjadi orang yang punggungnya menonjol dan pandir, mereka yang membunuh gadis akan menjadi lepra, ketiganya lahir sebagai candala." Masih dalam purana yang sama disebutkan : "Orang yang sombong dengan fisiknya yang kuat dan menyalahgunakan kekuatannya untuk menindas dan berkelahi dengan orang lain akan mendapatkan badan epilepsi. "Orang yang membakar rumah dan menyebabkan orang lain meninggal, akan mendapatkan penyakit demam dan pembengkakan pada kulit serta luka melepuh pada kulit yang serius, "Orang membenci anak, membunuh dan menyakiti anak-anak akan mendapatkan badan yang mandul (infertil).
Masih banyak dijumpai hubungan karma masa lalu dengan penyakit yang diderita saat ini, hal yang perlu diketahui bagaimana kita supaya tidak mendapatkan badan-badan yang penuh penderitaan, bahkan tujuan utama pengembaraan sang roh adalah untuk mencapai kebahagian yang sejati sebagai pelayan kekal (nitya sidha prema) Personalitas Tuhan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CHAT WITH US HERE !

Ada pertanyaan atau ingin posting artikel di blog ini ?hubungi kami disini dengan

Bayu Wardana



Arya Wibawa

About Me

My Photo
Peradah Indonesia Kota Semarang
Om swastiastu, Kami Perhimpunan Pemuda HIndu Indonesia(DPK Semarang) sekretariat : Pura Agung Giri Natha, Jl. Sumbing no.12 Semarang
View my complete profile

wibiya widget