Powered by Blogger.

TULISAN TERPOPULER

Aku seorang "manusia"

Aku seorang "manusia" (15)

 

siapa aku?

apakah aku?

darimana aku?

mengapa ada aku?

apa gunanya ada aku?


jika bertanya demikian, bisa saja jawabannya:

  • Aku adalah yang terlihat ini, putra/putri dari kedua orang tuaku dengan nama yang telah di berikan padaku sejak lahir.
  • Aku adalah manusia dan satu spesies dengan manusia lainnya, yang mungkin saja berasal dari manusia purba atau adam dan hawa, atau bahkan seekor kera. 
  • Aku ada karena proses biologis atau seksual kedua orang manusia (laki-laki dan perempuan).
  • Aku bisa saja berguna untuk ini dan itu, ya.. melakukan apapun yang ku mampu untuk siapapun sesuai dengan kapasitasku.

Itu hal umum yang akan dijawab kebanyakan orang. Manusia adalah benda material dengan banyak misteri. Mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut selalu menimbulkan pertanyaan. Manusia, seperti aku, kamu, dan kita adalah “mahluk berpikir”. Setidaknya itu yang banyak dikemukakan oleh banyak ilmuan dan para filsuf.

Dalam pandangan berbagai macam agama dan kepercayaan, kelebihan dalam hal “berpikir” itu adalah nilai plus untuk seorang “manusia”. Namun, sudahkah berpikir?

“manusia adalah pembuat segala hal yang mungkin terjadi di hidupnya. Manusia adalah apa yang ia pikirkan dan apa yang ia inginkan”

Namun, apa yang terjadi saat manusia seperti aku, kamu, dan kita mengesampingkan hal luar biasa yang dimiliki nya dan terseret pada hal “negatif” yang justru merusak dan merubahnya jauh dari kata “manusia”.

 

Hey… kenapa bisa begitu?

 

1.      Apa yang manusia pelajari akan membentuk karakternya.

2.      Apa yang manusia jadikan kebiasaan dalam hidupnya akan membentuk karakternya.

3.      Apa yang manusia biasa jadikan batasan dalam pemikirannya akan membentuk karakternya menjadi seorang yang “terbatas” dalam segala hal.

Kebebasan bukan sesuatu yang buruk jika disadari. Seharusnya begitulah manusia.

Apakah begitu?

Memecahkan segala misteri tentang kehidupan dan menempatkan  manusia sebagai objek utama dalam lingkaran misteri yang besar disamping alam semesta dan segala sumber kehidupan adalah hal wajar.

Namun, apakah pernah disadari dan sudahkah bertanya tentang empat hal di atas?

Ya.. saya sedang ingin bingung bersama. *ops..

(mungkin karena kalau bersama-sama tentu kesimpulan dan pendapat akan lebih variatif dan menyenangkan).

Mari kita berdiskusi dan menjawab bersama empat hal di atas dan memulai satu poin untuk mengetahui siapa “manusia” dan siapa kita?

Sesuai pepatah lama:

“Tak kenal maka tak sayang”

Maka.. ayo bangkitlah KAU manusia. :D

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CHAT WITH US HERE !

Ada pertanyaan atau ingin posting artikel di blog ini ?hubungi kami disini dengan

Bayu Wardana



Arya Wibawa

About Me

My Photo
Peradah Indonesia Kota Semarang
Om swastiastu, Kami Perhimpunan Pemuda HIndu Indonesia(DPK Semarang) sekretariat : Pura Agung Giri Natha, Jl. Sumbing no.12 Semarang
View my complete profile

wibiya widget